Sunday, January 20, 2008

Me Against THE THESIS

Gue benci tesis gue, that’s the truth. Tapi gue nggak bisa berdaya karena pilihannya udah jelas: kerjain sampe beres ato gue bakal sampe jamuran jadi mahasiswa batch lima. Cih!

Berbekal pengalaman idup gue selama dua puluh empat—menjelang dua puluh lima— ini, bisa dibilang gue lumayan ngertiin karakter gue yang moody abis. Gue sedikit-banyak tau lah ya cara mengontrol mood gue. Gampang kok: gue ini tipe yang bisa mengubah mood dalam waktu cepat. Dari yang seneeeng, tiba-tiba sentimental nggak jelas. Dari yang bete, tiba-tiba kesenengan kayak anak kecil ketemu Teletubbies. Gue cuma butuh trigger buat ngubah mood gue. Bisa jadi novel bagus, film, ato apa aja deh.

Nah, sebelum gue ngerjain tesis, biasanya dimulai dengan ritual menonton film bagus. Rabu lalu, gue memulai proyek perbaiki-mood-demi-lulus-S2 dengan nonton film Korea apa gitu. Gue nonton Film Korea (gue lupa judulnya… secara film Korea kan judulnya rada ribet— ato, guenya yang emang dongo, nggak tau juga ya) dan harus mengakui… romantis banget. Tapi tiba-tiba gue inget sesuatu, mood ROMANTIS ITU NGGAK DIBUTUHIN BUAT NGERJAIN TESIS. Crap!

IQ gue yang mendekati jenius ini menemukan ide brilian. How about… Film Korea II (yang ini juga judulnya lupa). Di sampulnya dibilang ceritanya tentang dua sahabatan yang karena nggak sengaja ‘bobo bareng’ gara-gara mabuk, lalu mutusin nikah. Hm… lucu, lucu. Gue nonton deh.
Masalahnya, gue melupakan faktor lain yang belakangan baru gue sadarin. MATA. Ya iyalah, abis nonton satu setengah jam dan dihantam lagi dengan tontonan berdurasi sama, no wonder nih mata capek berat. Jadi ngerti kan maksud ‘belakangan’ tadi? Gue kebangun dan nemu fakta pahit: “EH, UDAH PAGI!!!”

Stres.

*

Malemnya, gue nyoba alternatif kedua: baca novel. Hasilnya sama aja, gue ketiduran dan bangun keesokan paginya. Ya udin lah… berarti untuk kasus tesis ini, gue nggak boleh make cara-cara yang biasanya gue lakuin.

Gue mencoba trik terakhir: nggak bobo sama sekali. Dan hebatnya, gue mencoba ngelakuin ini tanpa bantuan kafein. Sukses? Yep. Tapi besokannya, gue ketiduran di taksi dalam perjalanan ke kantor. Untung pak sopir kuat imannya. Kalo gue diperkosa dan dibuang ke semak-semak gimana? Hehe.

*

Tapi… ada sedikit cahaya terang waktu gue ketemu Tri, temen sependeritaan yang sama-sama lagi struggle buat ngelarin studi. Kita ngobrol banyak malem itu dan diikuti dengan beli buku SPSS 15 buat pemula. Gosh, udah 15 aja gitu. Perasaan, waktu gue ngerjain skripsi, masih pake yang SPSS 9—sekarang udah 15?! (Kok gue bisa nggak tau sih? Kenapa bisa nggak ada gosipnya di Cek dan Ricek?!)

Buku itu ada di meja gue sekarang. Masih utuh plastik pembungkusnya, tergeletak bersama CD program SPSS 15 yang termahsyur itu. Gue belum nginstall sama sekali di kompie gue. Gue malah asyik nyelesaiin season satu Cold Case yang keren banget itu. Dan Charm School (film Spanyol gitu). Dan serenceng film Korea yang juga lupa aja gitu judul-judulnya.

Taulah gue masalahnya kenapa tesis kagak kelar-kelar. Ternyata bukan masalah mood. Bukan juga karena tesisnya kesandung problem (dosen nggak kooperatif, responden nggak asik, susah nyari referensi). Guenya aja yang males. Dan sialnya, sekarang gue harus ngebayarin akibat kemalasan gue dengan begadang tiap malam. Coding 200 kuesioner aja gitu….
Nasib, nasib….

2 comments:

Unknown said...

Huhu...susah jg ya klo nglawan setan males yg berseliweran di otak kita :p
SEMANGAT aja kak...pikirin klo thesisnya dah kelar n kk seneng bgt krn itu,,percaya aja smua nya bener2 kelar sblm deadline nya,jd kk bisa santai dl..SEMANGAT..!!!

Chocolate Puccino said...

Seputriiiii...

hahaha... Lu harus segera Lip kiss untuk menurunkan kadar bisa-bisa beracun dari bibir lo..