Sunday, January 27, 2008

Confession of a Sleepaholic

TRANSKRIP
wawancara langsung dengan Christian Simamora penulis slash editor slash tukang tidur profesional


Pewawancara (P) : “Met siang, Mas. Ganggu tidurnya nggak?”
Christian (C) : “Lo nanya gitu dalam rangka basa-basi ato beneran nggak
enak sih? Karena beneran ganggu tau.”
P : “Oh gitu. Aduh maaf... tapi kita lagi on air nih, Mas. Nggak pa-pa ya, Mas,
ngorbanin waktu tidurnya barang lima-sepuluh menit gitu—“
C : “Lima menit!”
P : “Maaf?”

C : “Waktu lo cuma lima menit. Gue bener-bener ngantuk banget. Kalo lo tau jadwal gue sepanjang minggu ini, lo pasti ngerti banget alasan gue memilih tidur sepanjang hari Minggu ini. Kalo nggak pake acara gereja tadi pagi, mungkin gue baru bangunnya jam seginiankali. Man, gue bener-bener ngantuk nih. Bisa nggak kita lanjutin besok—“
P : “Waduh, Mas. Kan udah terlanjur on air.”
C : (ngomel-ngomel) “Yawdah, yawdah. Buruan, mo nanya apa? Yangmutuan dikit ya, soalnya waktu lo beneran cuma lima menit.”
P : “Oke.... (grogi gitu dia). Ng, Mas Christian sendiri udah sejak kapan ngidap penyakit tidur kayak gini.”
C : “Sial lo! Gue nggak penyakitan. Ini murni self indulgence, ya know. Tidur itu baik buat kesehatan. Kata dokter kan tidur tuh harus delapanjam sehari—“
P : “Nah itu dia, Mas, saya herannya. Mas kan tidurnya hari ini lebih dari delapan jam—“
C : “Jangan potong omongan gue bisa nggak sih?”
P : “M-maaf.”

C : “Jadi ya, tidur yang baik itu delapan jam sehari. Masalahnya, selama harigue nggak dikasih privilege sebesar itu. Pertama, jarak kantor ke rumah gue lumayan jauh ya. Dari sana jam lima teng pun, nyampe rumah dah jam tujuh-setengah delapanan juga. Belum makannya.Belum baca-baca buku sebelum tidurnya. Belum sosialisasi dengan keluarga. Duh, syukur banget deh bisa tidur jam sebelas malem. Biasanya lebih, malah. Makanya, pas weekend, gue milih muas-muasin tidur. Jatah seminggu itu gue penuhin di akhir pekan. Makanya, tidurnya lama.”
P : “Ya ampun, Mas. Tapi banyak komplain dari keluarga dan temen-temen lho, Mas. Katanya, Mas kalo tidur kayak mayat gitu.”
C : “Heh, kata siapa gue tidur kayak mayat? Lagian, mayat itu jelas-jelas udah metong. Wis modhar. So, dari segi apapun dia nggak layak disebut ‘tidur’, wong dah mati ini.”
P : “Yah, si Mas.... Mentang-mentang editor, salah ngomong dikit langsung dikomentarin
C : “Lho, kalo emang salah, masa dibiarin. Udah deh, nggak usah dibahas.Lanjut, mo nanya apa lagi?”
P : “Suka mimpi nggak pas tidur selama itu?”
C : “Hmm.... (mikir bentar) Kayaknya enggak deh. Tidur pules, soalnya.”
P : “Suka ngorok? Ehem, maaf kalo nanya privasi. Tapi oknum Raditya Dika (bukan nama sebenarnya) bilang Mas tidur ngorok gitu pas sekamar sama dia"
C : “Hohoho... masa sih? ngegorok tuh oknum RD sesegera mungkin. Sial, bongkar-bongkar rahasia dia!)”
P : “Suka ngiler nggak?”
C : “Aduh, aduh... no comment ah. Mas nanyanya terlalu pribadi deh.”
P : “Hehe, sori.... Kembali soal mimpi deh. Mas nggak mungkin nggak pernah mimpi, toh. Biasanya mimpi apaan?”
C : “Ng, gue tuh biasanya mimpi petualangan. Dikejar-kejar mafia, ikut lomba macam Amazing Race gitu—tapi di mimpi gue langsing dan lincah, soalnya kalo pake badan asli gue susah lah ya lari-larian. Pernah juga sih mimpi sedih. Gue jadi inget temen masa kecil gue gitu. Gue dan dia sering main basket bareng. Biarpun dia cewek, dia tuh jagobanget mainnya. Gue cuma bisa ngomel-ngomel ato main curang—abisan, pake cara jujur kok rasanyamustahil ya ngalahin dia.”
P : “Terus?”
C : “Ya gitu. Gue bener-bener nggak punya perasaan apapun sama dia.
Makanya, gue blak-blakan aja cerita soal gebetan gue yang komikus gitu. Cantik banget orangnya. Wuih, asli, waktu pertama kali kenal gue malu-maluin banget. Abis gue bokis banget bilang komik dia itu lucu banget, padahal belakangan gue taunya dari temen masa kecil gue yang serius baca, katanya sedih banget. Sial!”
P : “Ya ampun... terus, terus?”
C : “Iya. Ternyata, selama gue pedekate sama cewek komik itu, temen gue
itu memendam perasaan khusus ke gue. Bisa dibilang naksir lah. Asli, Mas, gue bener-bener nggak tau. Perhatian gue terfokus ke cewek gebetan gue itu. Bawaannya pengen bareng deh. Bawain dia karangan bunga dengan peri-peri, ngajak dia makan berdua di tepi danau—“
P : “Wait, wait. Kayaknya familier deh....”
C : “Lho, gue pernah cerita ya? Termasuk pas kita berdua nyanyi gitu? ‘If
you love somebody could it be this wrong? I will find a way where love will conquer all. Wouldn’t risk my love. Even just one night, our love willstay in my heaaaart.... ’”
P : “Mas, Mas, itu kan film Heart!”
C : “Masa sih? Bukan kisah hidup gue? Cih! Kirain.”
P : “Aduuuh.... (garuk-garuk kepala) Kembali ke topik mimpi tadi deh. Pernah
ngigau nggak?”
C : “Tergantung.”
P : “Maksudnya?”
C : “Gue ngingaunya on purpose. Waktu kecil, gue sering pura-pura
ngingau depan orang tua gue. Pas nyokap ceritanya mo meriksa gue selimutan ato gimana, gue mulailahya berngigau ria, ‘Sepatu baru, sepatu baru....’ Pokoknya, semeyakinkan mungkin deh, ngesanin gue pengeeeen banget sepatu baru sampe kebawa mimpi segala.”
P : “Berhasil?”
C : “Boro-boro. Paginya, gue malah dinasehatin, ‘Makanya, sebelum tidur
jangan makan kekenyangan. Mimpi buruk deh tuh, jadinya.’”
P : “Huahahahahaha!”
C : “Heh, nggak sopan ya ngetawain nasib buruk orang? Kualat lho entar.”
P : “Sori, sori. Terakhir nih, Mas, apa ada pesan-pesan buat para pendengar?”
C : “Oh gini aja. Khusus orang-orang yang berniat nelepon gue
pas weekend, lupain aja deh ye rencana lo itu. Gue baru bales besokan pagi, soalnya. Batere idup gue di-charge sepanjang akhir minggu, jadi harap jangan diganggu. Makasiiih!”
P : “Makasih juga.”

6 comments:

kodrat kurniawan said...

Tolak Manggung di Daerah Friday, 05 September 2008 MULAN JAMEELA,HAMPIRsetiap bulan Ramadan,Mulan Jameela selalu melakukan lawatan ke berbagai daerah untuk menyapa para penggemarnya. Namun, khusus tahun ini, mantan vokalis duo Ratu ini menolak tawaran tersebut.Kok bisa? Wanita yang tergabung dalam Manajemen Republik Cinta ini beralasan ingin menjalani bulan yang penuh hikmah dan ampunan ini dengan berkumpul bersama keluarga. Terutama dengan dua anaknya,Tyarani Savitri dan Muhammad Rafly Aziz. ”Aku mau showdi Jakarta saja.Kalau ke daerah itu menyita banyak waktu.Ramadan ini aku ingin menyerahkan waktuku untuk anak dan menjalani ibadah dengan baik,” sebut Mulan. Pemilik nama asli R Wulansari ini memang sudah lama ingin berkumpul dengan dua anaknya pada bulan Ramadan. Soalnya, jadwal kegiatan Mulan yang padat di dunia tarik suara,membuat ia jarang bertemu anak-anak. Untuk itu, sebagai seorang ibu, dia merasa harus meluangkan waktu lebih banyak dengan anak-anaknya. Paling tidak,mantan istri Harry Nugraha ini ingin melihat perkembangan anak, terutama dalam segi agama. ”Aku ingin bisa menjalani ibadah puasa bareng dengan anak-anakku. Sekarang ini kami bisa sahur bersama.Aku juga ingin lihat perkembangan anak.Aku merasa bertanggung jawab pada anak tentang agama,”sebutnya.

utopia girl said...

wawancara yang sangat menghibur....

boenk80 said...

christiann....
mantaap =

Pengembara Mimpi said...

hahaha...
wawancaranya ngga bener kan??

kiky_rose said...

wah wah...sepertinya yang diwawancarai waktu tu masih tidur ya, ngelantur ke mana-mana. kalau aku jadi yang nanya, aku sebel banget tuh...

wakakakak...

ricki_nuricksan.com said...

siiip...terus nulis